Kamis, 16 Juni 2016

Jangan Kalah Bersaing


Peranan Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Produk dan Jasa Inovasi memegang peranan penting dalam mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis. Berbagai kesuksesan wirausaha di dunia disebabkan oleh kreativitas dalam mengembangkan produk. Persaingan yang ketat dalam berwirausaha mendorong wirausaha untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut harus dilandasi cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru yang berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada. Berbagai gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu dan memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha yang pada awalnya kelihatan mustahil.

saat ini berbagai hasil inovasi yang didasarkan kreativitas wirausaha menjadi produk dan jasa yang unggul. Wirausaha melalui proses kreatif dan inovatif menciptakan nilai tambah atas barang dan jasa yang kemudian menciptakan berbagai keunggulan termasuk keunggulan bersaing. Perusahaan seperti Microsoft, Sony, dan Toyota Motor, merupakan contoh perusahaan yang sukses dalam produknya karena memiliki kreativitas dan inovasi di bidang teknologi.

Kreativitas tinggi harus dimiliki setiap individu dalam bidang yang digeluti tak terkecuali dalam dunia wirausaha. Kewirausahaan merupakan gabungan kreativitas, inovasi,dan keberanian hadapi resiko dengan bekerja keras membentuk dan memelihara usaha.

Keberhasilan wirausaha akan tercapai apabila didukung dengan beragam faktor termasuk kreativitas. Lalu bagaimana caranya melatih dan meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha?

Keberhasilan wirausaha akan tercapai apabila didukung dengan beragam faktor termasuk kreativitas. Lalu bagaimana caranya melatih dan meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha?

1. Amati Sekeliling Anda.
Amati apa yang terjadi di sekeliling Anda, visualisasikan, dan gunakan semua indra yang ada. Hal ini melatih dan mempertajam ingatan karena kreativitas berarti mempertajam pikiran dan meningkatkan kepekaan indra seseorang.

2. Berimajinasi
Merenung, berkhayal, mencari celah atau kekurangan untuk perbaikan usaha atau perusahaan.

3. Mengambil sudut pandang yang berbeda.
Bertindak out of the box mungkin belum terbiasa dilakukan namun Anda bisa mulai melihat sesuatu dengan sudut pandang berbeda.

4. Melakukan Sesuatu
Lakukan hal positif yang belum atau jarang dikerjakan, berinteraksi dengan anak-anak, kerja sosial, dll karena dapat melatih kreativitas Anda.

5. Mencatat
Bawalah selalu buku harian untuk mencatat pikiran dan ide yang tiba-tiba Anda temukan sehingga tidak terlupakan.

6. Tambah Wawasan.
Penting bagi orang kreatif untuk punya wawasan yang luas dengan mempelajari hal-hal baru di dalam dan di luar bidang yang digeluti. Jelajahi internet, majalah, buku, tersesat di kota atau negara asing, pameran dll. Kegiatan tersebut bisa menambah kreativitas Anda.

7. Disiplin
Orang kreatif adalah yang punya kedisiplinan untuk terus menciptakan ide-ide baru dan ketekunan untuk mewujudkan ide-ide mereka. Kreativitas dapat dilatih dan bukan anugerah sejak lahir. Maka latih dan tingkatkan kreativitas Anda untuk sukses.

Stagnasi adalah salah satu faktor yang dapat mengubah sebuah usaha atau organisasi yang sebelumnya sukses menjadi terpuruk dan keterbelakang akibat di susul oleh pesaing yang berpikiran lebih maju dan kreatif.

Sebuah Alat Yang Baik
Sistem pemetaan pikiran adalah metode terbaik yang dikembangkan oleh ahli saraf terbukti dapat mengubah metode belajar untuk anak-anak menjadi lebih kreatif. Namun,dengan meningkatnya kesadaran tentang pembelajaran yang berbasis pelatihan otak kepada pekerja dewasa,terbukti bahwa cara tersebut baik untuk merangsang kreativitas dan membangun rasa percaya diri serta dapat memotivasi pekerja lain.

Pemecahan Masalah
Contoh,Jika seseorang pekerja dirangsang dan diajari oleh pelatih yang kreatif,tentunya pekerja tersebut juga bisa menghasilkan ide-ide baru yang lebih besar dari ide kreatif pelatihnya sendiri dalam memecahkan masalah.ini bisa menjadi proses peningkatan pendapatan usaha serta menghemat biaya dan layak bersaing dengan para pesaing usaha lain.

Meningkatkan Produktifitas
Memberi pelajaran keterampilan kepada pekerja anda untuk mengembangkan kreativitas mereka dan memberi waktu serta sumber daya untuk menjelajahi hal-hal yang baru adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan produktifitas.Kreativitas dan inovasi yang dikelola dengan baik di dalam organisasi sangat diakui sebagai jalan untuk menuju kesuksesan.
Dalam membangun sebuah wirausaha jangan takut salah, karna sebuah wirausaha itu tanpa kesalahan tidak mungkin sukses, dan selalu mencoba untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda karna dengan begitu masalah yang muncul tidak mematahkan semangat kita untuk menjalankan usaha yang telah di bangun dan akan memunculkan pemikiran yang lebih kreatif lagi dalam berwirausaha.

Sekian Artikel Dari Saya, Semoga Bermanfaat...
Sumber :
https://books.google.co.id/books?id=zzIiVpwfJOkC&pg=PA12-IA17&dq=kreativitas+dan+keinovasian+dalam+kewirausahaan&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=kreativitas%20dan%20keinovasian%20dalam%20kewirausahaan&f=false
https://books.google.co.id/books?id=e35KE7Xb8JEC&pg=PA5&dq=kreativitas+dan+keinovasian+dalam+kewirausahaan&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=kreativitas%20dan%20keinovasian%20dalam%20kewirausahaan&f=false
http://www.iskandarst.com/mengapa-kreativitas-penting-di-dalam-usaha/
http://www.gurupendidikan.com/10-pengertian-kreativitas-dan-inovasi-beserta-contohnya/
http://www.pmct.co.id/pentingnya-inovasi-dan-kreativitas-dalam-berwirausaha/
http://www.makeallhappen.com/tips-bisnis/pentingnya-kreativitas-dalam-wirausaha.html
http://sekolahumarusman.com/pentingnya-kreativitas-dalam-wirausaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar